Perang Melawan Covid-19

Tulisan ini dimaksudkan sebagai ajakan perang melawan covid-19 kepada seluruh pembaca di mana pun berada. Pun ditujukan untuk membantu edukasi masyarakat secara online.

Covid-19 (salah satu dari Virus Corona) yang merupakan virus penyakit sistem pernafasan sangat mematikan terbukti sejak diidentifikasinya virus ini (Desember 2019) hingga akhir Maret 2020 sudah memakan korban jiwa lebih dari 33.000 dan jumlah kasus hampir 700.000 di seluruh dunia, data ini merupakan data terbaru WHO.

Makhluk yang tidak terlihat ini merupakan musuh umat manusia. Upaya-upaya untuk mencegah penularanlah yang dapat dilakukan hingga saat ini. Pasalnya, obat yang mampu membunuh virus covid-19 ini belum ditemukan. Manusia hanya bisa mencegahnya dengan meningkatkan imunitas tubuh dan menghindarinya.

Upaya penghindaran terhadap penyebaran covid-19 ini yaitu dengan berbagai cara. Secara nasional, negara akan menutup kedatangan tamu dari negara-negara terjangkit covid-19. Selain itu pemerintah memerintahkan kepada masing-masing wilayah untuk mengambil tindakan yang dirasa perlu dalam menghambat penyebarannya. Setiap wilayah melakukan evaluasi masing-masing untuk menentukan apakah perlu dilakukan karantina wilayah.

Sementara itu secara individu dilakukan upaya physical distancing. Yaitu dengan membuat jarak 2 meter di antara dua orang yang melakukan komunikasi langsung. Selain itu setiap individu wajib melindungi diri dengan masker dan juga membiasakan hidup bersih. Kelemahan covid-19 ialah dapat terbawa air sabun dan mati ketika terkena disinfektan. Oleh karena itu kebiasan mencuci tangan dan penggunaan hand sanitizer menjadi penting.

Menurut WHO, penyebaran covid 19 ada dua cara, yaitu : droplet (tetesan) dan physical contact. Droplet dihasilkan oleh penderita covid-19 ketika batuk atau bersin. Physical contact dapat berupa jabat tangan, berpelukan dan lain-lain. Kemungkinan penyebaran melalui udara hanya terjadi dalam kondisi khusus.

Wabah Covid-19 Menjadi Krisis Ekonomi Global

Wabah Covid-19 menjadi penyebab krisis ekonomi global. Hal ini dapat dipahami karena banyak negara-negara yang terkena wabah melakukan lockdown atau karantina. Karantina menyebabkan banyak usaha yang berhenti bahkan mungkin ada yang bangkrut. Kemudian juga banyak pekerja yang kehilangan pekerjaanya.

Negara-negara yang melaksanakan karantina harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Penyediaan logistik, obat-obatan, alat-alat kesehatan, bahan pokok dan lain-lain. Bahkan ada yang memberikan kompensasi kepada warga yang kehilangan pekerjaannya.

Negara-negara yang belum mampu menyediakan alat-alat kesehatan, alat test, obat-obatan, mereka akan berusaha memesannya kepada negara lain yang telah berhasil menyediakannya. Hal ini berdampak pada menurunnya nilai tukar mata uang negara tersebut.

Lockdown, karantina negara, dan karantina wilayah dapat menyebabkan tertutupnya jalur supply barang/bahan pokok. Hal ini menyebabkan naiknya harga bahan pokok atau barang-barang tertentu. Di sisi produsen juga dapat berdampak kerugian. Terhambatnya penyaluran hasil produksi bahan pokok dalam waktu yang cukup lama dapat menyebabkan rusaknya hasil produksi.

Kenaikan harga dan hilangnya pekerjaan menimbulkan berkurangnya daya beli masyarakat. Hal ini dapat menyebabkan turunnya perekonomian wilayah dan bahkan negara terdampak wabah.

Ajakan Memerangi Covid-19

Marilah kita berupaya mengurangi dan menghentikan penyebaran Covid-19. Caranya adalah dengan mengikuti anjuran dan petunjuk dari Pemerintahnya masing-masing. Dengan demikian upaya-upaya tersebut akan terlaksana dengan baik dan terkoordinasi. Tidak ada pilihan lain untuk dilakukan selain melaksanakan petunjuk penanganan Covid-19. Semua negara di dunia pun mengikuti petunjuk dari WHO.

Sebagai warga net, saya pun mengajak para pembaca untuk membuat artikel-artikel dalam blognya masing-masing mengenai upaya-upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Atau juga membuat vlog dan video yang diunggah di Youtube. Anda juga bisa menampilkan gambar-gambar di lokasi tempat tinggalnya yang merupakan upaya memerangi Covid-19. Ide-ide Anda dapat menginspirasi siapa pun di dunia ini untuk lebih efektif menyelesaikan masalah serius ini.

Dengan membuat blog, vlog dan media-media online lainnya, Anda telah membantu dalam mengedukasi masyarakat. Kecepatan penyebaran edukasi ini harus lebih cepat dari penyebaran virus Covid-19 itu sendiri. Keberhasilan pencegahan penyebaran virus dapat menyelamatkan banyak nyawa di Dunia. Keberhasilan Edukasi saat ini dapat menjadi model edukasi di masa yang akan datang.

Marilah kita perangi Covid-19 hingga diperoleh vaksin dan obat penyakit Covid-19 ini. Vaksin dan obat-obatan kini sedang diteliti oleh para ahli di berbagai negara. Semoga ajakan perang melawan covid-19 melalui media maya ini dapat membantu menghambat penyebaran virus mematikan di seluruh dunia.

Candra Taufik, S.T., MAB., MOS.

Sumber Artikel :

by : Candra Taufik, S.T., MAB., MOS.

Satu pemikiran pada “Perang Melawan Covid-19

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s